Penyebab Baterai iPhone Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya

baterai iPhone

Penyebab Baterai iPhone Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya-Menjadi salah satu smartphone yang banyak digunakan orang,tak menutup kemungkinan memiliki kelemahan. Karena memang semua produk ada kelemahan dan kekurangan yang ada. Ya, seperti kita ketahui bila smartphone terkadang lemah dari sisi baterainya.

Baik iPhone dengan sistem operasi iOS maupun android. Sebagai orang yang menginginkan ponsel menjadi awet baterai dan mudah digunakan. Anda dapat mencoba mengetahui penyebab baterai iPhone Cepat Habis dan cara mengatasinya. Inilah artikel yang bisa kami bagikan untuk anda dalam mengatasi baterai iPhone Cepat habis.

penyebab baterai iphone panas

Penyebab Baterai iPhone Habis

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan baterai iPhone kita cepat habis, diantaranya ialah seperti berikut ini:

Terkadang sering terlalu lama digunakan

Penggunaan iPhone yang terlalu lama akan membuat panas. Serta terkena nya iPhone pada suhu ekstrem membuat iPhone menjadi rusak nantinya. Solusinya adalah menggunakan cara dibawah ini.

Solusi

Hindari Suhu Yang Panas

Hindari suhu lingkungan yang ekstrim panas. iPhone, iPad, iPod, dan Apple Watch bekerja paling baik pada suhu sekitar 0° hingga 35° C (32° hingga 95° F). Suhu penyimpanan yang disarankan adalah –20° hingga 45° C (–4° hingga 113° F). Hindari memaparkan perangkat Anda ke suhu sekitar yang lebih tinggi dari 35° C (95° F), yang dapat merusak kapasitas baterai secara permanen. Serta jangan terlalu sering digunakan apabila tak ada kegiatan penting.

Lepaskan perangkat Anda dari casingnya selama pengisian daya.

Jika Anda mengisi daya perangkat saat berada di dalam casingnya, ini dapat menghasilkan panas berlebih, yang dapat memengaruhi kapasitas baterai. Jadi lepaskan iPhone pada softcase casing agar nantinya tak terjadi kepanasan.

Jika perangkat Anda berada dalam penyimpanan untuk waktu yang lama, suhu lingkungan dan persentase pengisian daya baterai saat dimatikan untuk penyimpanan, dapat memengaruhi kesehatan baterai Anda secara keseluruhan.

Oleh karena itu disarankan, Jangan mengisi atau mengosongkan baterai perangkat Anda sepenuhnya saat disimpan untuk waktu yang lama. Dalam kasus seperti itu, isi daya baterai hingga sekitar 50 persen saja.

Jika Anda menyimpan perangkat saat baterainya benar-benar habis, baterai bisa drop dan tak bisa digunakan untuk beraktifitas. Karena memang baterai adalah hal yang penting.

Sebaliknya, jika Anda menyimpannya dalam keadaan terisi penuh untuk jangka waktu yang panjang, baterai mungkin kehilangan daya baterai. Tapi,anda bisa menghemat daya baterai juga.

Matikan Hal Hal Yang Tak Digunakan

Terkadang penyebab baterai habis adalah kita melupakan hal hal yang seharusnya kita matikan. Seperti WiFi,GPS,data selular,hotspot,aplikasi yang sedang berjalan. Caranya anda hanya perlu ke pengaturan dan bisa langsung mematikan hal hal tersebut. Dengan begitu baterai tak akan cepat habis dengan mudah.

Aktifkan Mode Pesawat

Jika Anda melihat baterai iPhone Anda terkuras terlalu cepat secara tiba-tiba, salah satu alasan utama mungkin adalah layanan seluler yang buruk. Saat Anda berada di tempat dengan sinyal rendah, iPhone Anda akan meningkatkan daya ke sinyal agar tetap cukup terhubung untuk menerima panggilan dan menjaga koneksi data. Ini membuat daya baterai cepat habis pada iPhone  dalam waktu singkat.

Untuk mencegah baterai iPhone habis, aktifkan ‘Mode pesawat’ dengan menggesek ke atas dari bagian bawah layar Utama perangkat Anda untuk mengakses Pusat Kontrol dan mengetuk ikon mode Pesawat atau buka Pengaturan > Mode Pesawat > Alihkan ‘Mode Pesawat’ ke aktif posisi. Setelah Anda kembali ke area dengan sinyal kuat, gunakan langkah yang sama untuk mematikan mode Pesawat.

Namun harap diingat bahwa selama mode Pesawat iPhone Anda diaktifkan, Anda tidak dapat membuat atau menerima panggilan telepon apa pun. Hal ini dapat anda lakukan saat anda tak melakukan aktifitas apapun.

Matikan Background App Refresh

Matikan Background App Refresh adalah aplikasi yang menyegarkan di iPhone Anda di latar belakang yang artinya aplikasi Anda terus diperbarui bahkan saat Anda tidak menggunakannya.

Ini dimaksudkan untuk menghemat waktu pemuatan aplikasi. Tetapi membiarkan semua aplikasi terbuka Anda untuk terus memperbarui dan menyegarkan di latar belakang juga menjadi salah satu penyebab masalah baterai iPad atau iPhone Anda cepat habis secara tiba-tiba.

Anda bisa matikan aplikasi ini sehingga anda bisa menghemat daya baterai anda dengan tenang. Agar baterai anda awet tahan lama.

Perbarui Sistem iOS Dan Aplikasi

Terkadang aplikasi yang ketinggalan zaman bisa menjadi penyebab baterai iPhone 6, iPhone 7 atau iPhone 8 Anda cepat habis secara tiba-tiba. Biasanya pembaruan software sering kali menyertakan perbaikan bug yang terkadang menjadi penyebab baterai iPhone Anda cepat habis.

Saat Apple merilis pembaruan iOS baru, pengembang juga mempersiapkan dan mengoptimalkan aplikasi mereka untuk versi terbaru.

Karena itu, pastikan iPhone atau iPad Anda berfungsi dengan aplikasi dengan versi iOS terbaru. Meluangkan waktu untuk memperbarui semua aplikasi yang tersedia dapat sangat memengaruhi masa pakai baterai iPhone atau iPad Anda.

Untuk memperbarui aplikasi, buka App Store > Ketuk ‘Pembaruan’ di kanan bawah layar > Ketuk ‘Perbarui Semua’ di sudut kanan atas.

mengatasi baterai iphone cepat panas

Artikel lainnya: Cara Cek iPhone Asli Atau Palsu

Pertanyaan Tentang Penyebab Baterai iPhone Lainnya

Pertanyaan yang sering diajukan  beberapa orang ini bisa menjadi referensi dan perwakilan. Bagi beberapa pengguna iOS jangan takut dengan baterai cepat habis.

Mengapa Baterai iPhone Cepat Habis?

Ketika Anda melihat baterai iPhone Anda cepat habis, tiba-tiba pertanyaan mungkin muncul di benak Anda  mengapa baterai saya cepat habis? Mungkin ada dua kemungkinan untuk ini. Entah baterai melemah atau ada sesuatu di sistem yang menguras daya baterai anda lebih dari biasanya. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu melihat aspek hardware dan software Anda mengikuti perbaikan yang disarankan.

Berapa lama baterai iPhone bertahan?

Sesuai pernyataan Apple, iPhone  dari kondisi pengisian penuh, menawarkan hingga delapan jam waktu bicara dan penggunaan Internet di 3G, 10 jam penggunaan internet di WiFi, 10 jam menonton video atau 40 jam menggunakan audio selain 225 jam waktu siaga. Masa pakai baterai model sebelumnya, tentu saja, dapat bervariasi.

Bagaimana saya tahu jika baterai iPhone saya buruk? Jika Anda mendapati bahwa baterai iPhone Anda cepat habis dan tidak dapat menahan daya selama dulu, maka Anda dapat memeriksanya di pengaturan iOS.

Untuk memeriksa hal ini anda bisa buka Pengaturan -> Baterai. Jika dalam kondisi buruk, Anda akan melihat pemberitahuan di bagian atas layar yang mengatakan, baterai Anda perlu diservis.

Akhir Kata

Itulah tadi penyebab baterai iPhone cepat habis dan juga solusinya,sudah seharusnya kita merawat baterai dengan baik dan benar. Agar bisa digunakan jangka waktu panjang,serta bisa kita gunakan untuk beraktifitas. Karena memang baterai adalah hal penting dalam komponen ponsel.

Semoga dapat menjadi referensi anda hari ini,agar baterai iPhone anda kuat dan juga terjaga. Kami sarankan mencari tahu troubleshootingnya terlebih dahulu. Baru anda cari solusinya agar baterai tersebut tak cepat habis.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.